Apa sih Bedanya Panel Surya Monocrystalline dengan Polycrystalline?

Jika Anda berharap tahu apa sih perbedaan antara panel surya monocrystalline dengan polycrystalline? Hampir 90% dari jenis panel surya atau panel fotovoltaik di pasar dunia saat ini didasarkan pada sebagian jenis silikon. Tahun 2017 saja, lebih dari 99% proyek kekuatan surya pemerintah Indonesia memasang panel surya kristal, monocrystalline atau polycrystalline.

Yang mana yang terbaik dari Monocrystalline atau Polycrystalline?
Pada dasarnya, apa opsi terbaik di antara panel surya monocrystalline vs polycrystalline bukanlah sesuatu yang penting saat Anda memasang panel surya untuk keperluan Anda. Yang lebih penting yakni Anda memilih panel surya berdasarkan siapa penjualnya?

Apakah penjual disupport oleh perusahaan besar atau cuma oleh warung atau penjual pribadi saja? Apakah ada garansi yang ia berikan? Di mana Anda semestinya menelepon saat situasi sulit terjadi? Apakah spesifikasi panel surya tersedia sesuai dengan kondisi produk yang Anda bawa pulang?

Sebab segala orang dapat punya situasi sulit panel surya di Indonesia, namun tidak segala orang berani menjamin produk yang mereka jual. Panel surya yakni elemen awam yang gampang ditemukan di mana saja sekarang, semisal lewat internet, sehingga perlu berhati-hati untuk memiliki produk yang bagus.

Baca juga: Jual Panel Surya Surabaya Jawa Timur yang Murah

Silikon diaplikasikan dalam sel surya untuk membuat panel surya. Memiliki sebagian bentuk. Perbedaan utamanya yakni kemurnian silikon, dimana semakin banyak silikon murni diaplikasikan, semakin bagus sel surya yang akan mengubah kekuatan sang surya (sinar sang surya) menjadi listrik. Monocrystalline dan polycrystalline panel surya sangat mirip dalam harga dan kinerja, berikut penjelasannya :

Panel surya monocrystalline
Jenis panel surya monocrystalline dihasilkan dengan silikon yang dibentuk menjadi batangan dan diiris. Jenis panel ini awam disebut ‘monocrystalline’ untuk menggambarkan bahwa silikon yang diaplikasikan yakni silikon monocrystalline. Sebab sel terbuat dari kristal tunggal, elektron yang menghasilkan listrik punya lebih banyak ruang untuk mengalir.

Karenanya dari itu, panel monocrystalline lebih efisien ketimbang saingan polycrystalline mereka.

Panel surya Polycrystalline
Panel surya jenis polycrystalline memang terbuat dari silikon. Tapi, alih-alih menggunakan silikon kristal tunggal, pembuat melelehkan sebagian potongan silikon bersama untuk menyusun irisan bagi panel. Panel surya polycrystalline juga disebut sebagai ‘multi-kristal’, atau banyak kristal silikon. Sebab ada banyak kristal di tiap-tiap sel, elektron kurang bebas bergerak. Sebabnya, pju solar cell polycrystalline punya efisiensi yang sedikit lebih rendah ketimbang panel surya jenis monocrystalline.

Estetika
Jika Anda berpikiran warna panel surya Anda penting, perlu diketahui panel surya monocrystalline dan polycrystalline akan nampak berbeda di atap Anda. Panel surya polycrystalline punya warna yang lebih biru, sedang monocrystalline punya warma hitam yang lebih gelap.

Efisiensi
Anda semestinya menggunakan panel surya dengan efisien yang lebih tinggi jikalau ukuran sistem kekuatan surya Anda (watt) dikuasai dari jumlah ruang yang tersedia diatap Anda. Memasang panel monocrystalline yang lebih efisien dapat membantu Anda mengoptimalkan pembangkitan listrik di ruang atap yang terbatas. Atau, jikalau Anda punya banyak ruang di atap atau memasang sistem panel surya di tanah, maka panel surya polycrystalline yakni opsi yang lebih hemat.

Evaluatif
Untuk pemula yang berharap coba-coba saja menikmati listrik kekuatan surya, mencari penjual panel surya yang murah yakni opsi yang ideal. Membeli panel surya individu atau membeli produk bekas dapat jadi opsi. Sebab Anda tidak perlu membutuhkan jaminan kualitas dan sistem listrik kekuatan surya belum menjadi keperluan utama.

Lain lagi dengan pengguna berpengalaman, kami memberi rekomendasi Anda mulai menghitung untung dan rugi panel surya yang Anda pasang. Sebab perbedaan kualitas produk dan garansi purna jual, ini dapat memengaruhi konfigurasi panel surya Anda secara signifikan dan memengaruhi poin pengembalian modal yang diharapkan.

Sebagai pengguna yang berpengalaman, Anda pasti akan menemukan poin laba sebanyak mungkin. Dari pembahasan 3 hal diatas, apa perbedaan besar yang akan Anda pakai ? Efisiensi produk panel surya? Bagaimana sistem menjamin asuransi produk? Akan menjadi variabel opsi untuk dipertimbangkan saat mempertimbangkan jenis panel surya yang akan Anda pasang.